Pantai Rancabuaya, Pantai Terpopuler di Kabupaten Garut

Garut
Pantai Rancabuaya Garut, foto : felisblog.web.id
CJo | Siapa yang tidak tahu pantai indah dengan pasir berwarna putih ini? Di pencarian Google saja paling direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan pasir putih yang halus dan garis pantai yang panjangnya sekitar 1-2 kilometer serta lebar 100 meter hingga 200 meter ini bisa membuat lelah kita terbayarkan. Selain itu, hal unik yang ada di sini adalah sebuah air terjun yang langsung mengalir jatuh ke pantai. Wow menarik sekali kan? Jadi kita bisa langsung berwisata ke dua suasana alam yang berbeda.

Di sini ada spot untuk menikmati keindahan sunset dengan bingkai alami seperti batu karang dan pepohonan rimbun di sekitarnya. Selain sunset, di sini pun kita bisa menikmati sunrise dari puncak fenomal yang berada tidak jauh dari pantai ini, yaitu di Puncak Guha, Garut. Daripada penasaran, mending langsung datang saja ke sini. Tinggal atur jadwal yang cocok biar traveling kamu melegakan dan menyenangkan.
Pantai Rancabuaya Garut, foto : bineros.org
Untuk fasilitas-fasilitas publik di pantai ini, sudah banyak warung-warung makanan, cafe dan restaurant, baik menu sea food ataupun non sea food. Penginapan-penginapan dengan harga terjangkau pun banyak bertebaran di sana termasuk penginapan atau hotel yang lokasinya di pinggir pantai. Harga penginapan mulai dari 200 ribu/malam sampai 600 ribu/malam. Jadi jangan khawatir, jika pergi ke sana dalam jangka waktu yang lama. 

Pusat pembelanjaan oleh-oleh, baik itu makanan maupun oleh-oleh seperti baju khas pantai Rancabuaya juga ada. Biasanya jika setelah pulang dari pantai Rancabuaya Garut, orang-orang sering membeli atau membawa Ikan Jamalroti. Ikan jenis Jamal yang sangat gemuk dagingnya.
Pantai Rancabuaya dengan bebatuan karang, foto : instagram.com/idrisns
Pantai Rancabuaya dengan perahu bargas, foto : felisblog.web.id
Untuk sampai ke pantai Rancabuaya, kita cukup membayar biaya masuk sekali saja, yaitu sebesar Rp. 10.000/orang. Dan jangan khawatir juga, selama perjalanan dan di kawasan pantainya, tidak akan ada pungutan liar.

Suasana Garut memang hampir mirip dengan Cianjur. Kedua Kabupaten tersebut, memang berada di Provinsi Jawa Barat dengan kultur yang sama. Tetapi tetap, keduanya memiliki ciri khas tersendiri. jika kamu sudah singgah di kedua kabupaten itu, pasti akan merasakan perbedaannya tersendiri. Bahkan untuk pantai-pantainya, keduanya sangat indah-indah dan layak dikunjungi oleh semua orang di dunia ini.

Lokasi Pantai Rancabuaya ini berada di Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44166

Click to comment