Wisata Budaya Makam Keramat Cikundul, Bukti Sejarah Kabupaten Cianjur



CJo | Dalem Cikundul adalah tokoh penting dalam sepanjang sejarah di Kabupaten Cianjur. Beliau merupakan dalem/bupati/pemimpin pertama dan terakhir dari Kawasan Cianjur pada masa peralihan kekuasaan Mataram  kepada VOC atas Priangan. Daerah Cianjur inilah yang kemudian berubah menjadi Kabupaten Cianjur. Keturunan-keturunan beliau akhirnya menjadi penerus pemangku jabatan Bupati Cianjur pada zaman Belanda. 

Makam yang cukup banyak didatangi peziarah ini terletak di bagian atas bukit Pasir Gajah Bukit, diapit oleh aliran sungai Cikalong pada sisi barat dan selatannya, sisi timur merupakan tanah tegalan, sedangkan bagian utara berupa hutan. Di samping makam tokoh utama tersebut di bagian bawah terdapat pula banyak makam. Kompleks makam ini hampir menyatu dengan pemukiman warga desa hanya dipisahkan oleh aliran sungai Cikalong.

Kompleks makam telah mengalami beberpa kali pemugaran. Pemugaran terakhir dilakukan pada tahun 1984 oleh Moeslim Thaher, seorang anggota DPA. Kompleks makam membujur dari selatan ke utara dan dilengkapi dengan pagar keliling. Topografi sekitar kompleks makam bergelombang dan kompleks makam miring, makin ke utara makin naik.

Pada bagian bawah terdapat pos pengelola makam, pintu gerbang, dan masjid. Dari pos ini peziarah menuju ke makam dalem Cikundul melewati jalan berteras yang dibagi menjadi dua bagian/jalur, yang dipisahkan dengan pembatas besi, yaitu bagian bagi perempuan dan laki-laki.

Di sisi kanan jalan berteras ini dijumpai banyak makam. Sampai di bagian puncak, terdapat bangunan permanen berdenah segi empat, cukup besar menghadap ke selatan yang berisi makam Dalem Cikundul.

Bangunan terbagi menjadi dua, yaitu teras/serambi dan bangunan utama. Bangunan utama dilengkapi dengan dua pintu. Pintu yang terletak bagian timur diperuntukkan bagi peziarah perempuan, sedangkan pintu di bagian barat bagi peziarah laki-laki. Ruang dalam juga terpisah bagi peziarah laki-laki dan perempuan dibatasi dengan dinding tembok penyekat setinggi sekitar 1 m.

Di tengah ruang utama ini terdapat makam Dalem Cikundul. Makam tersebut dikelilingi pagar teralis dan dilengkapi dengan pintu di bagian baratnya. Makam ditutupi dengan kain putih, demikian juga halnya dengan kedua nisan penanda makam. Pengeramatan terhadap makam ini demikian tinggi sehingga petugas pengelola makam tidak berani membuka kain putih pembungkus nisan itu.

Orang-rang yang berkunjung ke makam Cikundul, selain untuk berziarah, diantara mereka pun banyak yang ingin memohon bantuan doanya dari Dalem R. Aria Wiratanu Datar. Dengan memohon bantuan doanya, banyak juga yang meyakini bahwa keberkahan selalu menjumpai, tatkala selesai berziarah ke makam tersebut.

Makam Dalem Cikundul ini adalah salah satu bukti sejarah, bahwa Cianjur memiliki peranan yang penting dalam membangun peradaban dan kebudayaan di tanah Pasundan dan Indonesia. Bagi yang ingin berkunjung ke Wisata Sejarah ini, jangan lupa untuk membawa air mineral, sebagai media untuk serapan doa-doa.

Makam Dalem Cikundul terletak di Kampung Majalaya, Desa Cijajang, Kecamatan Cikalong Kulon. Untuk mencapai ke lokasi makam tergolong mudah. Jalan beraspal telah mencapai desa tersebut Secara astronomis terletak pada koordinat 06°42’02” LS dan 107°10’52,8” BT.

2 comments

avatar

Jadi penasaran sama Dalem R. Aria Wiratanu Datar. Apa ya kontribusi dia di masa lalu?
Karena aku baru tahu juga. Uhmm....

avatar

Beliau Bupati pertama Kabupaten Cianjur, tentu saja kontribusinya sangat banyak dalam membela dan memperjuangkan negara Indonesia khususnya Cianjur, tatkala bangsa Belanda behamburan ke Indonesia, temasuk Cianjur. Beliaupun terkenal dengan mitosnya, pemimpin yang memiliki istri dari bangsa Jin.

Click to comment