Design Unik dan Megah Masjid Raya Provinsi Jawa Barat (Al-Jabbar)



CJo - Inilah salah satu karya besar Ridwan Kamil, yang kini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Masjid yang dinamai Al-Jabbar ini, dibangun setelah selesai pembangunan Masjid Raya Sulawesi Selatan yang memiliki design unik, masjid tersebut memiliki 99 kubah. Terlepas dari kemegahan masjid di Sulsel itu. Kini Ridwan Kamil mendesign masjid yang unik juga di Provinsi Jawa Barat. 

Masjid Al-Jabbar ini, memiliki danau kecil yang mengitari Masjid Raya Provinsi Jawa Barat Al Jabbar dan ada fungsi ekologisnya. Diantaranya sebagai pengendali banjir, sumber air minum, dan konservasi air untuk habitat yang ada di sekitar masjid.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, danau kecil tersebut memang bagian dari master plan proyek Masjid Al Jabbar sejak awal.

Masjid yang atapnya akan dilengkapi kaca berwarna-warni ini, hingga hari ini progres pengerjaan lantai sholat sudah selesai secara struktur. Namun, Kang Emil mengaku paling cepat akhir finalnya 2020 masjid ini akan selesai pembangunannya. 

Emil menambahkan, pihaknya tidak ingin terburu-buru menyelesaikan masjid ini karena ingin memberikan sebuah karya luar biasa. Karya ini diharapkan bisa menjadi representasi Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Indonesia.

“Tapi masih panjang karena setelah arsitektur ada interior, kemudian di bawahnya ada museum Al Quran, ada macam-macam. Mungkin targetnya paling cepat baru bisa akhir 2020 kita selesaikan,” ucapnya.

Sumber : antaranews

Click to comment